-->

Cara mengatur settingan aplikasi open camera yang bagus untuk membuat videography dan Photography di smartphone android


Cara mengatur setingan aplikasi open camera yang bagus untuk membuat videography dan Photography di smartphone android

Hallo temen-temen semua sahabat-sahabat ane dan kawan-kawan ane semua, kali ini ane bakalan sedikit berbagi mengenai cara penggunaan open camera, baik itu cara cara setting titik koordinat open camera, cara menampilkan koordinat open camera dan cara menampilkan lokasi di open camera.


Nah untuk kesempatan ini kali ini ane akan lebih fokus ke pembahasan bagamana cara menyetel dan mengatur settingan kamera dengan menggunakan aplikasi open camera agar mendapat kualitas hasil kamera yang sangat baik dan bagus.



 

Langsung aja temen-temen langsung ke Cara menggunakan open camera




kali ini ane mau sedikit cerita dulu nih temen-temen, ane itu penyuka film nih temen-temen atau istilah keren nya Film maker, ciamikk keren banget yak. singkat cerita ane pengen banget bikin film tapi sayang nya ane gak punya kamera yang ngedukung buat bikin film, maklum masih unyu-unyu banget ga ada modal buat beli ini itu temen-temen.



Tapi ane gak nyerah gitu aja temen-temen ane harus bisa bikin film meskipun dengan alat seadanya, oke gear yang ane pake cuma ngandelin smartphone ane doang temen-temen disini ane menggunakan Hp android Merk Xiaomi Note 4x.



Ane coba ngerecord pake aplikasi kamera bawaan ternyata hasilnya O EM JI, jelek bro :D,  Nah disini ane mulai deh cari-cari cara biar bisa bikin video cinematic yang bagus walaupun hanya memakai smartphone android.



Cara mengatur settingan aplikasi open camera yang bagus untuk membuat videography dan Photography di smartphone android
gambar hanya lucu-lucan aja :v


Sebenernya banyak banget sih temen-temen aplikasi kamera yang mendukung untuk kegiatan photography ataupun videography, tapi ane rekomendasiin aplikasi open camera ini karena menurut ane karena ada 
kelebihan aplikasi open camera yang membuat aplikasi ini sangat bagus buat kebutuhan tersebut.



"Oke deh hampir ane lupa ane nulis artikel buat apa, wkwkwk"  Oke deh temen-temen langsung aja, ke topik pembahasan ane janji gak bakalan lagi banyak cincong biar temen-temen semua gak cape lagi baca artikel ane yang ada curhatan yang gak begitu jelas.


STOP !!! 


Dan ini pembahasan nya temen-temen





Cara mengatur setingan aplikasi open camera yang bagus untuk membuat videography dan Photography di smartphone android





Hal yang pertama temen-temen lakukan yaitu download dahulu buat aplikasi Open Camera nya temen-temen kalian bisa langsung cari di Playstore, tenang ini gratis temen-temen. atau temen-temen bisa langsung klik disini 



Oke jika temen-temen udah punya aplikasi open camera, silahkan temen-temen ikuti seperti di gambar berikut untuk Settingan Photography dan Videography



Cara mengatur setingan aplikasi open camera yang bagus untuk membuat videography dan Photography di smartphone android

Nah klik pengaturan nya ya temen-temen

Cara mengatur setingan aplikasi open camera yang bagus untuk membuat videography dan Photography di smartphone android

NOTE : nah disini ane untuk settingan camera yang ane fokusin disini hanya untuk settingan videography, karena menurut ane buat settingan kebutuhan photography udah bagus temen-temen walaupun menggunakan settingan default.


Oke lanjut temen-temen, ini poin penting nya 




Cara mengatur setingan aplikasi open camera yang bagus untuk membuat videography dan Photography di smartphone android
Ini hanya contoh ya temen-temen :v




Keterangan : 




Untuk video resolution temen-temen bisa menyesuaikan ya temen-temen bisa menggunakan yang 4K dan bisa juga yang lainya, disini ane menggunakan resolusi yang Full HD soalnya kalau memakai resolusi yang 4K laptop ane belum kuat buat ngedit videonya (Patah-patah) T_T. Belom ada modal buat beli laptop baru nya gan :D.




Nah untuk Stabilizer itu sebenarnya bebas sih temen-temen bisa di aktifin atau tidak ya, ini fungsi nya supaya mengurangi guncangan yang terekam saat kita mengambil video, jadi kalau menggunakan stabizer ya effeknya agak terlihat profesional gitu dan video akan terhindar dari guncangan dengan kata lain video yang kamu shoot akan terlihat lebih smooth gan.



Oke lanjut 



Cara mengatur setingan aplikasi open camera yang bagus untuk membuat videography dan Photography di smartphone android


Oke temen-temen ane rekomendasiin untuk settingan bitrate nya gunain settingan 100Mbps ya temen-temen atau 90 Mbps, kalau sekitar 150 ke atas takut nya HP nya takut jadi lag dan gak kuat temen-temen.




Nah temen-temen disini mungkin ada salah satunya dari temen-temen yang udah tau dengan istilah yang satu ini, oke bagi yang belum tau oke simak dulu ya temen-temen.



Bitrate itu ada 2 istilah nih temen-temen sebelumnya  ada yang bitrate yang dalam video dan ada juga bitrate dalam audio temen-temen, berhubung kita lagi dalam materi video jadi ane sedikit kasih gambaran aja apa itu bitrate dalam video.




========================


Oke bitrate adalah banyaknya bit yang diproses setiap detik oleh sebuah file video ketika video itu diputar. Biasanya satuannya kilobit per detik (Kbps) atau megabit per detik (Mbps).


=======================



Terus apa pengaruhnya terhadap video ? jadi gini temen-temen semakin besar video bitrate dalam video maka semakin tajam hasil yang didapat tetapi sebaliknya semakin kecil bitrate yang kalian atur dalam aplikasi ini maka kualitas video kalian akan buram atau jelek temen-temen.



Nah karena kualitas yang bagus untuk memori pun persiapkan ya temen-temen, karena biasanya ukuran video menjadi besar temen-temen apa lagi kalo kita ngambil resolusi video kita tadi di settingan 4K.





Oke untuk lebih detail nya temen-temen bisa googling ya temen-temen atau bisa komen di bawah nanti akan ane balas temen-temen sebisa ane hehe. Oke lanjut temen-temen ke settingan berikutnya 


Cara mengatur setingan aplikasi open camera yang bagus untuk membuat videography dan Photography di smartphone android

Berikutnya setting frame rate ane rekomdasiin di setting di angka 25 atau 24 frame rate ya temen-temen. Bingung lagi kan apa lagi frame rate :v, oke santuy aja temen-temen ane bakal jelasin juga secara garis besarnya apa itu frame rate.


 

Apa sih frame rate ? 



Frame = Bingkai dan,

Rate = Menilai


" Jadi artinya menilai bingkai atau bingkai menilai, wkwkw taulah temen-temen ane bego banget bahasa inggris sumpah inggris ane jelek temen-temen, maklum ane itu pemalas temen-temen :v  "



Tapi ane gak bakal ngejelasin panjang lebar apa itu frame rate ane jelasin secara garis besar aja sama fungsinya buat apa ya temen-temen.



Oke lets go



Oke jadi begini temen-temen Frame rate adalah Jumlah bingkai gambar atau frame yang ditunjukkan setiap detik dalam membuat gambar bergerak; diwujudkan dalam satuan fps (frames per second), makin tinggi angka fps-nya, semakin mulus gambar bergeraknya.




Semakin besar FPS atau frame rate dalam video maka semakin bagus, biasanya untuk  film-film action dan laga biasanya ada di kisaran 24 -48 Frame Rate, tapi kalau buat video yang ingin di slow motion biasanya makin besar Frame rate makin ciamikk slow motion nya.






Terus apa hubungan nya sama Kualitas Video ?




Ya itu yang seperti ane jelasin di atas barusan temen-temen bahwa " Semakin besar FPS atau frame rate dalam video maka semakin bagus, biasanya untuk  film-film action dan laga biasanya ada di kisaran 24 -48 Frame Rate, tapi kalau buat video yang ingin di slow motion biasanya makin besar Frame rate makin ciamikk slow motion nya."



Sama kan :v



Oh iya settingan nya belum kelar temen-temen, lanjut ya temen-temen




Ya ampun sorry ya temen-temen gak rapi gambarnya, maklum Nob ane wkwkwkk


Nah untuk bagian ini sebaiknya temen-temen sambil di praktekan ya temen-temen, biar temen-temen bisa langsung paham dari apa yang ane maksud, soalnya agak bingung juga ane jelasin nya kalo ga sambil praktek, maklum ane bukan guru yang sukanya ngejelasin tau-tau disuruh ngerjain soal :v.



Keterangan :




1 = itu untuk mengunci exposure, tujuan nya biar saat kita geser geser cahaya tetep normal. 

2 = Ikon Setting

3 = Mode Manual, biasanya ane pilih itu, tapi itu bebas sih terserah kalian, enaknya pakai manual kalian bisa geser-geser tuh garis yang panjang. itu fungsi nya hampir sama kaya manual fokus di lensa di DSLR temen-temen. jadi kalian bisa leluasa ngatur fokus yang di inginkan kalau memakai fokus manual.


4 = Itu Grid temen-temen, bagi yang belum tau apa itu grid, grid itu garis gari yang ada di layar dengan tujuan untuk memprosisikan gambar, contoh nya ya kaya gambar di atas temen-temen.





    " Itu setingan yang ane gunakan ya temen-temen, kalian bisa improvisasi sesuai yang temen-temen mau "




Nah sekarang ane kasih juga settingan buat Dunia Photography,




Sebenarnya kalo buat foto-foto menurut ane dari pengaturan default aja udah bagus temen-temen, biasanya ane cuma setting disini aja temen-temen.



Cara mengatur setingan aplikasi open camera yang bagus untuk membuat videography dan Photography di smartphone android

Nah disini juga ane pakai settingan manual ya temen-temen, monggo temen-temen bisa langsung ulik buat yang settingan photography nya, kadang tiap orang settingan buat take 
gambar itu beda-beda kalo ane ya begini.


Oh iya sebelum kamu men-take sebuah foto alangkah baiknya kamu memahami dahulu mengenai beberapa teknik fotografi yang bisa membuat fotomu lebih berisi dan mempunyai banyak makna. 


Jika kamu masih awam dan ingin belajar tentang dunia fotografi alangkah baiknya kamu klik link untuk belajar fotografi ini 

""Teknik fotografi dengan menggunakan smartphone "


Kalau untuk dunia photography biasanya ane lebih sering memakai Aplikasi Gcam (Google Camera) temen-temen, hanya saja HP kalian harus dalam posisi harus sudah di root, ane gak berani rekomendasiin, soalnya ini agak bahaya juga ke HP temen-temen.



Biasanya HP yang sudah di root itu bisa gampang banget terkena virus, makanya ane gak rekomendasiin, atau jika temen-temen masih kekeh pengen nge root smartphone kalian silahkan-silahkan aja temen-temen.







Apalagi ya ? udah itu aja temen-temen ane pegel ngetik nya, ane harap artikel ini bisa bermanfaat buat temen-temen yang sedang belajar di dunia multimedia ini temen-temen, oke akhir kata dari ane selamat mencoba dan selamat berkreasi temen-temen.



Oh iya untuk pembahasan mengenai cara setting titik koordinat open camera, cara menampilkan koordinat open camera dan cara menampilkan lokasi di open camera akan ane buatkan di lain hari temen-temen.

Artikel di update : 22 / 06 /2019

4 Responses to "Cara mengatur settingan aplikasi open camera yang bagus untuk membuat videography dan Photography di smartphone android"

  1. Kak aku penasaran nyobain memakai resolusi yg 4K pas aku putar di HP video nya lancar bgt, tapi pas aku import saat aku mau edit video nya malah leg gitu kak. kira-kira itu kenapa ya ?

    Oh iya aku akuin emang bgus ka dari hasil apliksi open camera ini btw kalo settingan FPS buat slow motion ideal nya berapa FPS ya kak, aku pakai hp Samsung Note8, kira-kira yang cocok settingan nya gimana ya kak buat bikin video slow motion ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Video leg saat di import ke PC

      Kalo ini masalahnya mungkin PC/Laptop punya mba nya kurang kuat mba untuk editing video yang beresolusi 4K, saya rasa untuk video resolusi FULL HD juga udah bagus mba.

      Kalo mba nya kekeh mau tetep pakai yang resolusi 4K jalan satu-satunya ya ikut ngedit di PC/Laptop yang udah punya spec bagus buat editing mba.


      Settingan Slow Motion

      Oke untuk settingan slow motion saya sarankan untuk memilih setingan yang besar FPS mba, saya rasa untuk FPS 60 juga udah lumayan banget kok kak.

      terakhir saran dari saya kalau ingin membuat video slow motion ya gunain FPS antara 24-90 aja, itu udah terbilang bagus, namun jika ingin dapet detail banget ya gunain 90 ke atas. tapi kalau HP nya gak kuat untuk mengoperasikan dari 90 keatas, tenang aja masih bisa di akalin di proses editing kok :)

      Semoga membantu

      Delete
  2. Bang itu kalo moto sekali jepret langsung tiga gimana tuh bang? Bawaan dari sononya kah?

    ReplyDelete
  3. Kok yg aku ga ada menu stabil yah?

    ReplyDelete

dibawah judul posting

KOSONG

KOSONG

Kosong